DAFTAR BACAAN WAJIB KULIAH S2 LINGUISTIK DI INDONESIA (UTAMANYA DI UNS/DI UGM)

  1. Sociolinguistics. 2006. Bernard Spolsky. Oxford. Oxford University Press
  2. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra dan Budaya. 2009. Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
  3. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. 2003. Hasan Alwi, dkk. Jakarta. Balai Pustaka.
  4. International Conference on Applied Linguistics: Kontribusi Penelitian Linguistik atas Pengajaran Bahasa dan Ilmu Lainnya. 2008. UPT Balai Bahasa. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Bahasa dan Sastra Dalam Berbagai Perspektif. 2008. Anwar Efendi (Editor). Yogyakarta. Tiara Wacana
  6. The Study of Language: An Introduction. 1985. George Yule. Cambridge. Cambridge University Press
  7. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. 2007. Louise Cummings. Pustaka Pelajar
  8. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. 2005. Dr. Mahsun, M.S. Jakarta. Rajawali Press
  9. Syntax: A Generative Introduction. 2002. Andrew Carnie. Oxford. Blackwell Publisher
  10. Bahasa dan Sastra dalam Konteks Kearifan Lokal. 2009. Haniah S.P.d, M.Pd (Editor) Surabaya. Kanzun.
  11. Keluarga Besar Bahasa Austronesia. Soepomo Poedjosoedarmo.
  12. Bacaan Linguistik. 1981. J.C. Anceaux. Masyarakat Linguistik Indonesia
  13. Telaah Kualitatif dan Kuantitatif Linguistik Komparatif (Beberapa Masalah Teori dan Praktik. 1990. Dr. Inyo Yos Fernandez. Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada
  14. Analisis Wacana: Teori dan Praktik. 2009. Dr. Sumarlam, M.S (Editor). Solo. Pustaka Caraka.
  15. Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. 2008. Sumarlam, Agnes Adhani, A. Indratano (Editor). Surakarta. Bukukatta
  16. Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. 1995. Dr. Mahsun, M.S. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
  17. Language. 1995. Leonard Bloomfield. Jakarta. Gramedia
  18. Identitas Madura Dalam Bahasa dan Sastra. 2008. M. Oktavia Vidiyanti (Editor). Surabaya: Balai Bahasa Surabaya
  19. Perihal Kedwibahasaan. 1988. Yus Rusyana. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  20. Rekonstruksi dan Cabang-Cabang Bahasa Melayu Induk. 1988. Mohd. Thani Ahmad & Zaini Mohamed Zain. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka
  21. Aliran Tagmemik: Teori, Analisis, dan Penerapan dalam Pembelajaran Bahasa. 2008. Prof. Drs. Soeparno. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  22. An Introduction to Historical Linguistics. 1992. Ferry Crowley. Oxford: Oxford University Press
  23. Teori dan Metode Sosiolinguistik I. 1995. Basuki Suhardi dkk. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  24. Sosiolinguistik. 1986. P.W.J. Nababan.  Jakarta. Gramedia
  25. Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. 1983. Drs. Suwito. Surakarta.
  26. English Finderlist of Reconstructions in Austronesian Languages. S.A Wurm. B. Wilson. The Australian National University
  27. Panorama Pengkajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. 2009. Dwi Purnanto, Kundharu Saddhono, Harun Joko Prayitno (Editor). Surakarta. Universitas Sebelas Maret
  28. Morfologi. 1985. Prof. Drs. M. Ramlan. Yogyakarta. CV. Karyono
  29. An Introduction to Psycholinguistics. 1998. Danny D. Steinberg. London. Longman
  30. Kajian Linguistik Umum Historis Komparatif dan Tipologi Struktural. 1986. Jos Daniel Parera. Jakarta. Erlangga
  31. Aspektualitas Bahasa Jawa: Kajian Morfologis dan Sintaksis. 2004. Dr. Sumarlam, M.S. Surakarta. Pustaka Cakra Surakarta.
  32. Paramasastra 3: Sintaksis Jawa. 2009. Sumarlam. Semarang. IKIP PGRI Semarang.
  33. Proto Malayic: The Reconstruction of Its Phonology and Parts of Its Lexicon and Morphology. 1992. K. Alexander Adeelar. The Australian National University.
  34. Teori Semantik. 1995. Abdul Wahab. Surabaya. Airlangga University Press
  35. Semantik: Pengantar Kajian Makna. 2008. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Bantul. Media Perkasa
  36. Historical Linguistics: An Introduction. 1998. Lyle Campbell. Edinburgh. Edinburgh University Press
  37. Phonology: Theory and Analysis. 1975. Lary M. Hyman. California. University of Southern California
  38. Analisis Bahasa. 1994. Samsuri. Jakarta. Erlangga
  39. Asas-Asas Linguistik Umum. 2008. J.W.M Verhaar. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
  40. Handbook of Semiotics. 1995. Winfried Noth. Bloomington and Indianapolis. Indiana University Press
  41. A Course in Modern Linguistics, 1959. Charles F. Hockett, New York, The Macmillian Company
  42. Historical Linguistics, 1997. Winfred P. Lehmann. Texas. Routledge
  43. Phonetics: Theory and Application to Speech ACT Improvement, 1960. James Carrell and William R. Tiffany. New York, McGraw-Hill Book Company
  44. A Dictionary of Stylistics, 1990. Katie Wales, Edinburgh. Pear Education
  45. Contemporary Linguistics: An Introduction, 1996. William O’Grady, Michael Dobrovolsky, Francis Katamba. Edinburgh. Pearson Education
  46. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Soenjono Dardjowidjojo, 2003. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia
  47. Perilaku Berbahasa Orang Madura, 2008. Bambang Wibisono, AKhmad Sofyan. Surabaya, Balai Bahasa Surabaya
  48. Petualangan Semiologi. 2007. Roland Barthes. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
  49. Prinsip-prinsip Pragmatik. Geoffrey Leech. Penerjemah M.D.D Oka, 1993. Jakarta. Universitas Indonesia
  50. Pragmatics. George Yule. 1998. Oxford. Oxford University Press
  51. Aspects of Theory of Syntax. 1964. Noam Chomsky. Cambridge Massachussetts
  52. An introduction to Sociolinguistics. 2001. janet holmes. Harlon essex. Pearson education
  53. Sociolinguistics, 1998. Bernard Spolsky. Oxford. Oxford Universdity Press
  54. Linguistics, 1972. David Crystal. Middle Essex. Pinguin book
  55. New Horizon in Linguistics, 1972. John Lyons. Hormondsworth. Penguin Book
  56. Komposisi Bahasa Indonesia, 2005. Lamuddin Finoza. Diksi Insan Mulia
  57. Semiotics: The Basics. 2003. Daniel Chandler. London. Routledge
  58. An Introduction to English Morphology: Words and Their Structure. 2002. Andew Corstairs-MacCarthy. Edinburgh. Edinburgh University Press
  59. Using Functional Grammar: An Explorer’s Guide. 2000. David Butt dkk. South Yarra. Macmillan Education Australia PTY.LTD
  60. Semantik Leksikal. 2001.Mansoer Pateda. Jakarta. Rhineka Cipta
  61. Kajian Morfologi Bahasa Jawa.1978. Uhlenbeck. Jakarta. Djambatan
  62. An Introduction to General Linguistics. 1978. Francis P. Dinneen, S.J. Washington D.C..Georgetown University Press
  63. Linguistik Umum. 2007. Abdul Chaer. Jakarta. Rineka Cipta
  64. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Jawa. 1991. D. Edi Subroto, Soenardji, Sugiri. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  65. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. 2001. Sudaryanto. Yogyakarta. Duta Wacana University Press
  66. Stilitika. 2005. Suyadi San. Medan.Sanggar Budaya Generasi
  67. Stilistik Simposium Keindahan Bahasa.1982, FaridM.ONN. Kuala Lumpur.Dewan Bahasa dan Pustaka
  68. Retorika Modern:Pendekatan Praktis. 2006. Jalaluddin Rakhmat. Bandung. Rosda
  69. Bunga Rampai Stilistika. 1993. Panuti Sudjiman. Jakarta. Grafii
Komentar
  1. nanang mengatakan:

    kuliah di s2 apa?

  2. ikho mengatakan:

    List yang lengkap donk..terutama tentang buku-buku PSYCHOLINGUISTIC….lagi butuh tuk thesis….tq

  3. Ardi mengatakan:

    Wah pak, saya mau nanya, buku-buku di atas kalo mau nyari, nyarinya di mana? kayanya susah ya?

  4. muttaqin zaena mengatakan:

    saya tertarik dengan kajian linguistik historis komparatif (khususnya bahasa-bahasa Austronesia), saya butuh beberapa buku referensi, saya hanya punya buku Gorys Keraf (Linguistik historis Bandingan), Jos Daniel Parera, Mahsun. apakah anda bs membantu untuk mencarikan atau meng-kopi atau meminjam? saat ini saya sedang menmpuh pendidikan di Prodi Bahasa dan sastra Indonesia UPI Bandung. Kiranya lebih baik apabila kita berdiskusi perihal kebahasaan atau potret linguistik di Indodonesia..

    • pusatbahasaalazhar mengatakan:

      Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel tentang Linguistik Historis Komparatif. Saya menggunakan sumber-sumber di bawah ini. Sumber-sumber tersebut cukup membantu. NB: seluruh sumber tersebut saya miliki dan dipajang di rak buku saya:)
      1. Keluarga Besar Bahasa Austronesia. Soepomo Poedjosoedarmo.
      2. Bacaan Linguistik. 1981. J.C. Anceaux. Masyarakat Linguistik Indonesia
      3. Telaah Kualitatif dan Kuantitatif Linguistik Komparatif (Beberapa Masalah Teori dan Praktik. 1990. Dr. Inyo Y. Fernandez. Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada
      4. Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. 1995. Dr. Mahsun, M.S. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
      5. Rekonstruksi dan Cabang-Cabang Bahasa Melayu Induk. 1988. Mohd. Thani Ahmad & Zaini Mohamed Zain. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka
      6. An Introduction to Historical Linguistics. 1992. Ferry Crowley. Oxford: Oxford University Press
      7. English Finderlist of Reconstructions in Austronesian Languages. S.A Wurm. B. Wilson. The Australian National University
      8. Kajian Linguistik Umum Historis Komparatif dan Tipologi Struktural. 1986. Jos Daniel Parera. Jakarta. Erlangga
      9. Proto Malayic: The Reconstruction of Its Phonology and Parts of Its Lexicon and Morphology. 1992. K. Alexander Adeelar. The Australian National University.
      10. Historical Linguistics: An Introduction. 1998. Lyle Campbell. Edinburgh. Edinburgh University Press
      11. Historical Linguistics, 1997. Winfred P. Lehmann. Texas. Routledge
      12. Dialektologi.2009. Kisyani-Agustiar. UNESA Press.
      Diskusinya saya tunggu ya. Email saya ke:iqbalnurulazhar@yahoo.com

  5. ari mengatakan:

    Mas gmn caranya membuat template kyk gini bgus bgt…? ksh tau dong caranya, atau kala mas mau brbaik ht mnt copy’an templatenya dong? hehe

  6. bayu mengatakan:

    Mas saya mau tanya. Sebentar lagi saya lulus S1 jurusan sastra inggris prodi linguistik dan saya ingin melanjutkan S2 linguistik inggris. Jika saya ambil di Indonesia apakah mata kuliah yang saya dapat linguistik inggris? Karena saya lihat di beberapa website kenapa ditulis mis. fonologi (bukan phonology atau semantik bukan semantics). Saya kahawatirnya itu linguistik bahasa indonesia. Mohon tanggapannya karena saya sama sekali buta dengan program S2 linguistik di Indonesia. Terima Kasih.

  7. bayu mengatakan:

    Mas saya ingin tanya apakah jurusan S2 linguistik di Indonesia itu termasuk linguistik inggris? Maksud saya saya kuliah S1 jurusan bastra inggris prodi linguistics. Saya bingung kenapa semua mata kuliah S2 ling di Indonesia berbahasa Indonesia? Seperti mis. sosiolinguistik bukan sociolinguistics. Saya buta sekali tentang S2 ling di Indonesia. Mohon tanggapannya. Terima Kasih.

    • pusatbahasaalazhar mengatakan:

      Mas Bayu yang lagi bingung. Setahu saya, Prodi s2 Linguistik yang ada di Indonesia adalah Prodi Linguistik umum yang kajiannya tidak membatasi pada 1 bahasa saja (Linguistik Partikular) tetapi pada seluruh bahasa (Linguistik General). Teori2 yang disajikan dalam Matakuliah s2 linguistik adalah teori linguistik umum. Dengan demikian, tergantung minat kita mau diarahkan untuk mendiskusikan bahasa mana teori-teori tersebut. Seperti saya misalnya, mengambil s2 Prodi Linguistik, Minat Utama Linguistik Deskriptif, karena basic saya ada di bahasa Inggris, maka thesis saya, saya arahkan ke bahasa Inggris. Demikian juga teman2 saya yang lain yang basicnya berbeda dengan saya, mereka mengarahkan penelitian thesisnya pada bahasa yang mereka telah kuasai dengan baik di S1. Kalau ditanya apakah ada s2 linguistik bahasa Inggris..sampai sejauh ini saya merasa belum ada. Kalau jurusan linguistik yang mengkhususkan pada satu aspek linguistik seperti ekolinguistik, saya pernah menjumpainya yaitu di Bali. Namun, kalau mas Bayu benar2 ingin masuk jurusan yang di dalamnya membahas bahasa Inggris, masuklah pada Prodi pendidikan bahasa Inggris, atau masuk aja pada prodi linguistik penerjemahan. Di dua prodi tersebut, buku-buku maupun bahasa pengantarnya hampir seluruhnya menggunakan bahasa Inggris.

    • Yuliandita mengatakan:

      Di Sanata Dharma Yogyakarta, itu S2 nya English Language Studies…
      link nya http://www.usd.ac.id/fakultas/pascasarjana/s2inggris/text.php?menuid=33

  8. Bayu mengatakan:

    Wah terima kasih banyak pencerahannya mas. Jadi perbedaannya hanya pada thesisnya saja ya mas? Linguistik deskriptif itu seperti apa mas? Apa begitu jauh berbeda ketika kita belajar waktu di S1 Linguistics? Dan berarti dalam satu kelas kita berada di kelas yang sama dengan mahasiswa lulusan s1 dari berbagai disiplin ilmu sastra dan linguistik? Maaf mas banyak pertanyaan ya., hehe Karena saya ingin paham benar s2 linguistik di Indonesia seperti apa.

    • pusatbahasaalazhar mengatakan:

      Benar mas, bedanya hanya pada Thesis saja. Linguistik Deskriptif itu sepengetahuan saya adalah linguistik yang mengkaji penggunaan bahasa sesuai dengan kenyataan (apa adanya) yang ada dalam masyarakat. Bentuk kajiannya biasanya berupa deskripsi-deskripsi dan karenanya disebut Linguistik Deskriptif. Linguistik Deskriptif tidak berusaha menilai apakah penggunaan bahasa tersebut salah atau benar karena kajian yang seperti itu masuk dalam ranah Linguistik Preskriptif (biasanya dalam dunia pendidikan bahasa). Linguistik Deskriptif identik dengan Linguistik Struktural dan karenanya, cabang-cabang Linguistik yang dikaji hampir seluruhnya adalah struktural, seperti syntax, morphology, phonology, discourse analysis, pragmatics, semantics, LHK, sebagian SFL, dan cabang linguistik struktural lainnya.

  9. mylinguist mengatakan:

    mas mau tanya dong. saya tertarik banget untuk ngambil S2 linguistik (sementara ini tertarik pada linguistik yang bukan terapan). kira-kira pusat studi S2 linguistik di Indonesia yang bagus di mana ya? atau tiap pusat punya keunggulan masing-masing? terimakasih.

  10. fifi indrayani mengatakan:

    saya sangat membutuhkan buku judul: pengantar awal sosiolinguistic karangan suwito buat reverensi skripsi saya di STKIP PGRI JOMBANG apakah saya bisa di carikan?

  11. Kadek Desi Purnami SS mengatakan:

    saya baru mau daftar kuliah S2 di Udayana jurusan Linguistik murni, ada buku-buku Linguistik yang gratis atau murah engga ya? send email ya:kadekdesipurnami@yahoo.com

    • Welly Aja mengatakan:

      mas saya butuh buku dialektologi: sebuah pengantar oleh Ayatrohaedi.. kira2 di sini ada gak mas… soalnya saya udah nyari2 , tapi blum juga ketemu sampai saat ini…kalo mau beli kira2 bisa pesan dimana mas… mohon infonya mas… makasi…

  12. Aan Setyawan mengatakan:

    apiiikkk rek :)
    bukunya boleh dipinjam gak nih :)

  13. Jeannytia Monica P.P mengatakan:

    mas, buku ITL yg judulnya The Study of Language pengarang George Yule di daerah malang kira2 di jual dmna ya ??

    • pusatbahasaalazhar mengatakan:

      buku ini keluaran tahun 70an…dah lama kayaknya, saya gak yakin masih dijual dipasaran. Coba cek di perpustakaan UM, atau pinjam ke pak Yazid Basthomi (Dosen Sasing UM). George Yule terbaru dan beredar luas isinya tentang pragmatics..simpel tapi lumayan

  14. Anty mengatakan:

    Ferri Crowley atau Terry Crowley ya?

  15. septianita mengatakan:

    Terry Crowley

  16. Herfan Sukardi mengatakan:

    mas,, saya mau kuliah S2 linguistik di UGM.. berapa biaya masuk dan biaya per smester disana? mohon diberi informasi.. saya dari lombok

  17. Yuliandita mengatakan:

    S2 UGM Linguistik skrg 7.5 juta per semster… hehe. Kebetulan sya berencana mau mendaftar S2 kesana……..Hmmm, Mas S2-nya apakah jurusan Linguistik UGM, juga??? Saya mau tanya2 sedikit, donk, Mas… S1 Saya sebelumnya di B.Inggris.. tadinya sudah mantap disana, tapi dosen saya mengatakan di UGM sma sekali tidak ada B.Inggrisnya, jadi belajar B.Nusantara seperti itu…? Skrg saya jadi ragu…. Pdhal saya sudah tes academic proficiency dan potensi akademiknya… skornya juga sudah saya dapatkan… Mohon penjelasannya, ya, Mas, apa benar sm sekali tidak ada B.inggrisnya, dan apakah thesisnya jg tidak diperbolehkan dalam B.Inggris? Terimakasih.. :D

    • pusatbahasaalazhar mengatakan:

      Lho, waktu s1 ngambil konsentrasi apa? ilmu linguistik apa ilmu sastra? s2 di Indonesia pada umumnya menawarkan ilmu linguisik dan ilmu sastra umum, namun mahasiswa sangat diperkenankan untuk mengkaji bahasa atau sastra yang linier dengan s1nya semisal dalam tesisnya. s2 saya mengambil konsentrasi linguistik deskriptif, tapi tesis saya mengambil topik peribahasa bahasa Inggris karena s1 saya dari jurusan sastra Inggris

  18. Hi! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.

    Is it hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast.

    I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where
    to start. Do you have any tips or suggestions? Appreciate it

  19. Khamim Babat mengatakan:

    ada tidak ya yang gratis lewat Ebooks, kalau ada mohon alamatnya

  20. hajir mengatakan:

    Dalam fonologi ada konsonan apeco-dental fricatif. Apa sajakah yang termasuk konsonan ini dan bagaimana cara memproduksinya?

  21. TIWI mengatakan:

    apakah kak admin berasal dari S1 sastra Inggris? lalu kemudian memilih jurusan S2 linguistik di UGM?

  22. asriani mengatakan:

    assalamu alaikum maaf namaku asriani bleh minta tlng nggak, aku mahasiswa dari ung jurusan bahasa indonesia kosentrasinya di jurnalistik dan aku uda nggak lama lagi mo proposal tpi aku binggung ka, blm ada judul ada nggak judul skripsi yg ka tau sesuai dengan bidang aku geluti bleh nggak bntu aku untuk dptkan judul siapa tau bs klw ka tk keberatan bls yah
    terimah kasih sebelumnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s