Gajahpun punya bahasa rahasia

Posted: Agustus 4, 2010 in BERITA-BERITA TENTANG BAHASA

Para peneliti di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat tengah mempelajari apa yang selama ini disebut bahasa rahasia gajah.

Para ilmuwan ini telah memantau komunikasi antar hewan yang tidak bisa didengar telinga manusia. Manusia mungkin hanya bisa mendengar lengkingan suara gajah yang mirip suara terompet. Namun, gajah ternyata juga menghasilkan suara geraman.

Nah, suara geraman gajah ini hanya sebagian kecil saja yang tertangkap telinga manusia. Dua pertiga suara itu dihasilkan dalam frekuensi yang terlalu rendah untuk ditangkap telinga manusia.

Demi mempelajari suara-suara yang tak terdengar ini maka para peneliti memasang sebuah mikrofon yang sangat sensitif untuk menangkap frekuensi rendah dan memasang sebuah GPS pelacak pada delapan gajah betina di kebun binatang itu.

Dari hasil yang diperoleh, para peneliti kemudian bisa menyesuaikan antara suara-suara yang dihasilkan para gajah itu dengan apa yang mereka sedang lakukan.

“Kami sangat antusias mempelajari sistem hirarki dalam kelompok gajah betina ini dan bagaimana mereka beinteraksi satu dengan lainnya,” kata pimpinan proyek penelitian Matt Anderson kepada BBC.

Tanda bahaya

Tim ini sudah mempelajari bahwa gajah betina yang tengah hamil menggunakan suara berfrekuensi rendah ini untuk memberitahu kelompoknya bahwa dia akan segera melahirkan.

“Kami sudah memantau selama dua tahun lebih, dan dalam 12 hari terakhir kami mengetahui penggunaan eraman berfrekuensi rendah itu, eraman rendah yang bisa kami dengar,” kata Anderson.

“Suara-suara itu kami yakini merupakan pemberitahuan kepada gajah-gajah lain bahwa seekor bayi akan segera lahir,” tambah Anderson.

Selain itu, para peneliti juga yakin eraman ini juga merupakan peringatan atau tanda bahaya agar para gajah ini mewaspadai kemungkinan datangnya para hewan pemangsa.

“Anda mungkin berfikir bayi gajah seberat 150 kg tidak akan menghadapi bahaya dari para pemangsa,” papar Anderson. “Namun, di alam bebas sekelompok hyena merupakan ancaman yang sangat berbahaya.”

Kini Matt Anderson dan timnya terus menganalisa data untuk mempelajari lebih lanjut soal bahasa rahasia para gajah ini.

Disadap dari: http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2010/02/100222_elephantlanguage.shtml.22 Februari 2010 – 10:41 GMT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s