Esperanto: Bahasa Gaul Dunia

Posted: Juni 22, 2012 in BERITA-BERITA TENTANG BAHASA

Bonan vesperon. Kiel vi fartas? Mi nomiĝas Eddy. Estas plezuro renkonti vin.

(Selamat sore. Apa kabar? Nama saya Eddy. Senang berkenalan denganmu)

Uit! Bahasa apa pula itu? Ini adalah bahasa Esperanto. Jangan tanya di negara mana atau kawasan mana bahasa ini dipakai. Ini adalah bahasa internasional tanpa garis geografis. Esperanto, yang digunakan oleh sekitar 2.000.000 pembicara di lebih dari 100 negara, memiliki induk organisasi internasional bernama World Esperanto Organization atau dalam bahasa Esperanto disebut sebagai UEA (Universala Esperanto-Asocio), dan punya 40.000 cabang organisasi di seluruh dunia. Bahasa Esperanto digunakan sebagai bahasa pergaulan dan dipakai untuk keperluan berkomunikasi di antara komunitas-komunitas tertentu. Pernah dituduh sebagai bahasa kaum komunis, sekarang jadi bahasa gaul kelas dunia.

Bahasa Esperanto, sebagai bahasa artifisial, tentu saja tidak muncul dari dinamika sebuah bangsa dan budaya tertentu. Esperanto merupakan sebuah bahasa yang planned dan constructed (direncanakan dan diciptakan) yang langsung ada tanpa proses perkembangan bahasa. Bahasa Esperanto diciptakan oleh Dr. Ludwig Lazarus Zamenhof (1851-1917), seorang dokter asal Warsawa, Polandia, pada tahun 1887.

Belajar Esperanto ternyata tidak sulit. Itu karena kosa-kata dan tata-bahasa Esperanto dibuat sederhana. Sederhana karena logika, sistem dan tata-bunyinya. Apa yang Anda lihat dalam bentuk tulisnya, adalah apa yang Anda ucapkan.Akan labih mudah lagi kalau Anda sudah menguasai salah satu bahasa Eropa (Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol) karena banyak kata yang mirip-mirip. Tak mengherankan bila Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis menjuluki Esperanto sebagai ’karya agung di bidang logika dan simplisitas’.

Esperanto memiliki 23 huruf mati, 5 huruf hidup, 2 semi huruf hidup, dan 6 diftong. Ingin tahu semudah apa Esperanto? Yuk kita pelajari hal-hal ringan di bawah ini.

Semua kata benda tunggal subjek dalam bahasa Esperanto berakhiran ’o’, bila benda objek tunggal berakhiran ’on’. Benda jamak subjek berakhiran ’oj’, dan jamak objek berakhiran ’ojn’.

Ini contoh dalam sebuah kalimat lengkap:

birdo kaptas insekton: burung menangkap serangga

birdoj kaptas insektojn: burung-burung menangkap serangga-serangga

Benda laki-laki dengan perempuan dibedakan dengan sisipan ’in’ : patro (ayah), patrino (ibu). Kato (kucing jantan), katino (kucing betina).

Kata kerja dasar akan mendapatkan akhiran sesuai waktunya (tense, dalam bahasa Inggris). Kata kerja akan diakhiri ’as’ bila sekarang/rutin, diakhiri ’is’ bila lampau, dan diakhiri ’os’ bila akan dilaksanakan. Contohnya :

birdo kaptis insektojn: burung telah menangkap serangga-serangga

birdoj kaptos insektojn: burung-burung akan menangkap serangga-serangga

Semua kata sifat berakhiran dengan huruf ’a’ : bona (baik), pura (bersih), sana (sehat), malbona (jelek bagus), malpura (kotor), malsana (sakit). Aturan penggunaan kata sifat sederhana saja. Kata sifat mengikuti kata benda (jamak dan tunggal), dan posisi subjek-objek. Simak contoh ini :

bona patro havos bonan filon: ayah yang baik akan mempunyai anak baik

bonaj patroj havos bonajn filojn = ayah-ayah yang baik akan mempunyai anak-anak yang baik.

Cobalah ini : burung kotor telah menangkap serangga-serangga bersih.

Terjemahan : malpura birdo kaptis purajn insektojn

Pronoma Esperanto adalah sebagai berikut :

Subjek : mi (I), vi (you), li (he), sxi (she), gxi (it), ni (we), vi (you), ili (they)

Objek : min (me), vin (you), lin (him), sxin (her), gxin, (it), nin (us), vin (you), ilin (them)

Milik : mia (my), via (your), lia (his), sxia (her), gxia (its), nia (our), via (your), ilia (their)

Perhatian, pronoma berubah-ubah bentuk sesuai posisi subjek-objek. Contoh :

Mia amiko amas mian fratinon: Temanku mencintai saudara laki-lakiku

Miaj amikoj amas miajn fratinojn: Teman-temanku mencintai saudara-saudara laki-lakiku

Tidak sulit, bukan?

Itulah sebabnya bahasa Esperanto digemari oleh publik pecinta bahasa di dunia. Itu karena kosa-kata yang mudah dan tata-bahasa yang mudah, jauh lebih mudah daripada tatabahasa dan kosa kata bahasa Cina, misalnya.

Perjalanan Esperanto menjadi bahasa buatan yang populer sebenarnya tidak mudah. Zamenhof tumbuh dan berkembang di tengah-tengah komunitas yang poliglot (orang yang bisa bicara lebih dari satu bahasa), yang membuatnya berpikir perlu adanya satu bahasa pemersatu yang akan mengakhiri masalah-masalah yang timbul akibat adanya berbagai macam bahasa yang acapkali menimbulkan konflik dan kerisuhan. Ia menolak bahasa-bahasa besar yang ada pada saat itu (Prancis, Inggris, Jerman, Rusia) yang susah dipelajari dan akan menempatkan pengguna bahasa tersebut pada posisi yang lebih diuntungkan daripada orang lain; ia juga menolak dua bahasa “mati” yakni Latin dan Yunani yang menurutnya juga terlalu ribet. Zamenhof mengembangkan bahasa yang ia rencanakan sendiri, yang kemudian ia sebut “Lingvo Internacia“, ketika ia duduk di bangku SMA, sebelum masuk sekolah kedokteran, dan mulai memperkenalkan istilah Esperanto (artinya : seseorang yang berharap) pada tahun 1887. Esperanto mulai tenar di kawasan Eropa Timur dan Baltik.

Sejumlah negara pernah menolak Esperanto. Pemerintahan Tzar di Rusia melarang semua majalah dan buku dalam bahasa Esperanto dari tahun 1898 sampai 1905. Uni Soviet memberi membatasi penggunaan Esperanto oleh masyarakat mulai tahun 1930, hingga puncaknya pada tahun 1938 ketika semua pengguna bahasa ini di Uni Soviet dikirimkan Gulag (kamp konsentrasi) atau ditembak mati. Esperanto secara resmi dilarang di Uni Soviet hingga tahun 1956, tidak direkomendasikan hingga tahun 1979, dan dibawah pengawasan ketat pemerintah hingga akhir 1980-an.

Pemerintahan Prancis pada awal 1920-an melarang pengajaran bahasa Esperanto di sekolah-sekolah di Perancis. Adolf Hitler dari Jerman secara khusus menyebut Esperanto sebagai alat dominasi kaum Yahudi pada sebuah pidato di Munich tahun 1922, dan mengembangkan ide ini dalam bukunya, Mein Kampf. Organisasi-organisasi Esperanto dilarang di Jerman pada pertengahan tahun 1930-an, dan penggunaan bahasa Esperanto di daerah-daerah yang diduduki Jerman selama PD II tidak dianjurkan dan bisa saja penggunanya dihabisi (lebih umum di kawasan Eropa Timur).

Di Jepang, sebelum dan selama masa perang, pemerintah militer Jepang tidak menganjurkan, menyiksa, dan kadang-kadang membunuh pemakai bahasa Esperanto dengan dalih “pemakai bahasa Esperanto seperti buah semangka – hijau di luarnya [warna yang diasosiasikan dengan Esperanto] tapi merah [Komunis] di dalamnya.”

Pemerintahan Komunis Tiongkok bersikap ambigu terhadap Esperanto. Pembelajaran bahasa ini– dengan pengawasan pemerintah– tidak hanya dibolehkan namun juga dianjurkan (dan bahkan diwajibkan). Belajar bahasa Esperanto diluar pengawasan pemerintah, di pihak lain, sangat tidak dianjurkan, bahkan pada zaman Revolusi Kebudayaan dapat membawa seseorang ke penjara atau yang lebih buruk lagi.

Bahasa Esperanto dilarang di Rumania di bawah pemerintahan rejim Ceausescu, dan buku-buku serta majalah Esperanto dilarang diedarkan di negara tersebut (walaupun secara rutin diselundupkan masuk oleh pengguna Esperanto dari Bulgaria, Hungaria dan Yugoslavia).

Para Mullah di Iran dengan cepat mendukung penggunaan bahasa Esperanto setelah tahun 1979 karena Esperanto “bukan” merupakan bahasa Barat. Tapi pada 1981, ketika ditemukan bahwa penganut agama Baha’i juga tertarik dengan bahasa ini, tiba-tiba warga Iran tidak mau menggunakan bahasa ini karena takut diasosiasikan dengan ajaran tersebut. Seorang pengguna Esperanto di Irak pada masa Saddam Hussein langsung dipenjarakan dan dideportasikan setelah berusaha mengajarkan bahasa tersebut kepada orang lain.

Sekarang, Esperanto adalah bahasa yang merdeka dan gaul internasional yang netral, mudah dipelajari dan praktis. Saya yakin orang Indonesia juga ada yang pandai berbahasa Esperanto. Facebook dan Google Translate juga menyediakan Esperanto.

Mau belajar Esperanto sedikit-sedikit? Ini dia (pakai Inggris ya, biar keren):

Hello = Saluton

How are you? = Kiel vi fartas?

Fine, thank you =Bone, dankon.

What is your name? = Kiel vi nomiĝas?

My name is ______ . = Mi nomiĝas _____ .

Nice to meet you.= Estas plezuro renkonti vin.

Please = Bonvolu.

Thank you = Dankon.

You’re welcome = Nedankinde.

Yes = Jes. (yehs)

No = Ne

Excuse me = Pardonu min.

I’m sorry = Mi bedaŭras.

Goodbye = Ĝis revido.

Bye = Ĝis

I can’t speak ______ = Mi ne parolas ______.

Do you speak English? = Ĉu vi parolas la anglan?

Help! = Helpon!

Good morning = Bonan tagon (bonan matenon)

Good afternoon = Bonan posttagmezon.

Good evening = Bonan vesperon.

Good night = Bonan nokton.

I don’t understand = Mi ne komprenas.

Where is the toilet? = Kie estas la necesejo?

Leave me alone = Lasu min.

Don’t touch me! = Ne tuŝu min!

Police! = Policon!

Stop! Thief! = Haltu! Ŝtelisto!

I need your help = Mi bezonas vian helpon.

It’s an emergency = Estas krizo

I’m lost = Mi perdiĝas

I’m sick = Mi malsanas

I need a doctor = Mi bezonas kuraciston.

Can I use your phone? = Ĉu mi rajtas uzi vian telefonon?

Disadap dari: http://bahasa.kompasiana.com/2011/05/27/esperanto-dicurigai-bahasa-komunis-kini-bahasa-gaul-dunia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s