Berbicara Dua Bahasa Mampu Hindarkan Penyakit Lupa

Posted: Desember 2, 2013 in BERITA-BERITA TENTANG BAHASA

Orang yang berbicara dua bahasa terbukti mampu menunda demensia atau menurunnya ingatan. Hal ini berlaku meski orang tersebut tidak mampu membaca.‬

‪Berdasarkan penelitian di jurnal Neurology Amerika Serikat, temuan tersebut merupakan yang pertama menunjukkan manfaat berbicara dua bahasa terhadap orang yang buta huruf. Ilmuwan meneliti 648 orang di India. Mereka semua didiagnosa dengan demensia. Usia mereka rata-rata 66 tahun.‬

‪Ketika menganalisa data, mereka menemukan responden yang berbicara dua bahasa mulai menderita demensia empat setengah tahun lebih lama dibandingkan mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Perbedaan ini tetap ada terlepas mereka mampu membaca atau tidak.‬ Sebanyak 14 persen dari mereka buta huruf.  Penyakit lupa lainnya, seperti Alzheimer dan demensia pembuluh darah, juga tidak ditentukan faktor pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan dan wilayah tempat tinggal.

“Penelitian kami adalah yang pertama yang melaporkan mengenai manfaat bebicara dua bahasa di kalangan orang yang tidak bisa membaca,” ujar peneliti Suvarna Alladi dari Nizam Institute of Medical Sciences di Hyderabad, India, seperti dilansir AFP, Jumat (8/11).

Menurutnya, hal ini menunjukkan tingkat pendidikan seseorang tidak berpengaruh dengan daya ingat. Dengan berbicara dua bahasa akan meningkatkan bagian di otak yang berfungsi memberi perhatian dan melakukan tugas.

Disadap dari: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/11/08/mvxng6-berbicara-dua-bahasa-mampu-hindarkan-penyakit-lupa

Komentar
  1. engkresenglish mengatakan:

    Salah satu faktor saya membuat blog adalah bagaimana anak-anak generasi penerus belajar banyak bahasa, baik Bahasa Daerah maupun Bahasa Asing.
    Blog yang saya buat itu merupakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan percakapan Bahasa Jawa.

  2. mas mengatakan:

    tapi apa harus bahasa inggris ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s