Ditemukan Kata Makian Dalam Buku Bahasa Indonesia

Posted: Desember 2, 2013 in BERITA-BERITA TENTANG BAHASA

Kata-kata kasar dan makian ditemukan dalam buku pelajaran “Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan” terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di sekolah di Semarang. “Buku ini memuat materi Kurikulum 2013 untuk sekolah-sekolah yang ditunjuk menerapkannya tahun ini.”

Temuan makian, seperti “Bangsat”, “Bajingan”, dan kata-kata tidak pantas lainnya terdapat pada cerita pendek berjudul Gerhana karya Muhammad Ali yang terletak pada halaman 225 buku untuk siswa kelas VII itu. Padahal ada enam SMP di Kota Semarang yang ditunjuk menerapkan baru tahun ini, yakni SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 9, SMP Negeri 2, SMP Harapan Bunda, dan SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang.

Beberapa sekolah menjelaskan bahwa pihak mereka hanya sebagai pengguna berkaitan dengan buku pelajaran Bahasa Indonesia itu dan saat ini buku tersebut memang baru dimiliki oleh sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk menerapkan kurikulum baru. Rencananya, beberapa sekolah akan mengirimkan surat kepada dinas terkait untuk mengajukan permohonan revisi secepatnya atas materi dalam buku pelajaran itu yang tidak sepatutnya diberikan untuk anak usia SMP.

Beberapa sekolah sudah berkonsultasi dengan guru Bahasa Indonesia yang mereka miliki di sekolah untuk menganalisa cerpen itu. Simpulannya, materi cerpen itu mungkin dipengaruhi oleh latar belakang dan situasi sosial budaya pengarangnya. Beberapa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang juga mengaku kaget dengan adanya makian dan kata-kata tidak pantas lainnya saat membaca buku pelajaran itu, yakni pada salah satu cerpennya. Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang mengaku belum mendapatkan laporan terkait materi dalam buku pelajaran itu yang dinilai tidak pantas dan rencananya, pihak Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang akan mengecek dan meneliti dulu seperti apa kata-katanya. S

Disadap dari: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/13/08/31/mscexo-ditemukan-kata-makian-dalam-buku-bahasa-indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s