SINTAKSIS KLAUSA: JENIS-JENIS PREDIKAT

  1. Ada tiga jenis predikat yaitu (1) Predikat Ekuasional atau penyama (2) Predikat dengan verba bervalensi satu (3) predikat dengan verba bervalensi dua atau tiga.
  2. Setiap bahasa memiliki konstruksi klausa ekuasional atau klausa penyama, seperti dalam contoh “Dia [adalah] guru” atau “She [is] a teacher”.
  3. Predikat penyama menyamakan salah satu sifat atau suatu proses (tapi bukan tindakan) yang disebut pada tempat predikat.
  4. Ada bahasa yang menuntut adanya satu kata penghubung (kopula), di antara subjek dan sisanya klausa penyama itu, ada juga bahasa yang tidak memakai kopula di antaranya, dan ada juga bahasa yang memiliki dua kemungkinan yaitu adanya atau tiadanya kata kopulatif tersebut.
  5. Selain dari klausa penyama yang predikatnya sebagian atau seluruhnya adalah nominal, ada tipe klausa lain yang seluruh predikatnya verbal dan bervalensi satu. Klausa seperti inilah yan disebut klausa berverbal intransitif.
  6. Verba intransitif dapat dibedakan menurut sifat semantisnya yaitu ada verba yang mengandung makna “pengalaman” atau verba “pengalam” atau ada verba yang bemakna “tindakan” atau verba “tindakan.” Verba “tidur” dan “jatuh” adalah ontoh verba pengalam, sedang “berlari” dan “bekerja” adalah contoh verba tindakan.
  7. Dalam banyak bahasa, sebagian besar verba transtif bervalensi dua dan sebagian yang relatif kecil bervalensi tiga.
  8. Dalam verba transitif, Argumen pertama adalah Subjek, Argumen kedua adalah Objek, dan bila ada tiga argumen, kedua argumen yang bukan Subjek ini masih-masing berupa Objek. Seperti contoh “Dia membangun rumah”. “Dia” adalah Subjek dan “Rumah” adalah Objek. Demikian juga pada contoh: “Dia memasakkan adik nasi.” “Dia” adalah Subjek dan “Adik” serta “Nasi” adalah Objek. Baik kata “Adik” dan “Nasi” adalah Objek (objek rangkap). Penamaan Objek rangkap dalam tatabahasa tradisional kurang dikenal, yang dikenal adalah Objek langsung dan Objek tidak langsung. Kata Objek langsung dan objek tidak langsng dalam istilah “fungsi” sintaksis kurang tepat karena “langsung” dan “tak langsung” mengandung makna peran, dan bukan fungsi.
  9. Fungsi tidak sama dengan peran.
  10. Baik Fungsi maupun Peran bergantung pada valensi verba, Valensi verba begantung pada semantik verba.
  11. Di antara predikat verbal ada yang tunggal ada yang serial. Predikat verbal yang tunggal adalah predikat utama yang hanya satu seperti contoh ”I gave the book to her” atau “Guru menerangkan teori ini” Struktur verba serial adalah struktir predikatif dengan verba utama yang lebih daripada satu sedemikian rupa sehingga tak ada verba yang tergantung pada verba lainnya. Contoh:kendaraan keluar masuk.
  12. Struktur predikat serial perlu dibedakan dengan struktur predikat yang terdiri dari verba induk dan verba bawahan. Seperti Contoh: “He made me work very hard“ atau “Camat mengharapkan semua ketua RT dan RW datang untuk rapat.“

Sumber: Verhaar

Komentar
  1. Murhadimmarbun mengatakan:

    tulisanya memang sudah bagus tapi

  2. Hasma mengatakan:

    Kalo bolh minta tolg dong sumber yg lengkap. Verhaar, apa judul buku, trbitn thn brp n penerbit. mksh

  3. viana mengatakan:

    bisa kasih tau gak yang termasuk jenis predikat itu seperti apa???
    saya kurang mengerti…

  4. Toko Bunga mengatakan:

    Wah ilmi yang dulu pernah saya pelajari di sekolah, sekarang sudah lupa semua. Nice share.

  5. nurfitriyah mengatakan:

    bagus… tapi kalau bisa jelasin yg lbih sederhana n mudah dmengerti oleh smua klangan, SMP, SMA, mahasiswa gtu

  6. sr mengatakan:

    kalo tentang ‘jenis-jenis peran dalam sintaksis’ tau gak mas, butuh info buat penulisan skripsi ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s