Telepon Seluler `Aman Untuk Otak’

Telepon Seluler `Aman Untuk Otak’

JAKNEWS.COM—Menggunakan telepon seluler tidak akan menaikan resiko terkena tumor otak khususnya pada anak-anak. Demikian kesimpulan dari hasil penelitian yang dipimpin oleh Dr Christoffer Johansen dari `the Danish Cancer Registry`. Namun memang disarankan penggunaan telepon seluler untuk anak-anak agar dibatasi.

Penelitian dampak penggunaan telepon seluler pada anak-anak ini melibatkan 1000 sukarelawan dan hasil penelitian dipublikasiakn melalui The journal Neurology.

Meski dalam kesimpulan penelitianya menyatakan telepon seluler tidak menimbulkan dampak bagi otak namun Dr Johansen menyatakan untuk penggunaan jangka panjang masih diperlukan penelitian lanjutan.

Karena Dr Johansen berkeyakinan tekologi berkembang sangat cepat dan belumlah cukup untuk mendapatkan kepastian apakah telepon seluler aman bagi kesehatan sang pengguna.

Dr Johansen menyarankan agar para pengguna telepon seluler menggunakan `hands-free kits` untuk mengurangi tingkat radiasi telepon seluler pada otak.

Pernyataan tim pimpinan Dr Johansen oini hampir senada dengan tim yang dipimpin oleh Sir Williams Stewart yang menyatakan bahwa penggunaan telepon seluler pada anak-anak juga perlu dibatasi.

Secara umum penelitian kedua tim ini menyimpulkan bahwa telepon seluler tidak merusak kesehatan sang pengguna.

Debat dampak penggunaan telepon seluler atas kesehatan selalu terjadi karena berpangkal pada satu pijakan yaitu apakah radiasi elektromagnetik tidak merusak kesehatan manusia khususnya pada otak.

Sebelumnya disebut-sebut, telepon seluler mampu menimbulkan resiko terjadinya kerusakan sel, otak, penurunan kekebalan tubuh dan berjangkitnya kanker.

Secara khusus Dr Christoffer Johansen melakukan pertanyaan kepada 427 penderita penyakit tumor otak, 822 yang tanpa penyakit yang bisa menggunakan telepon seluler setiap harinya.

Untuk memastiskan mereka pengguna aktif, tim peneliti juga melakukan pengecekan atas tagihan telepon seluler setiap bulanya.

nBBC/JAK07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s