TEORI BIG BANG (LEDAKAN BESAR)

Big Bang (terjemahan bebas: Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 13.700 juta tahun lalu.
Para ilmuwan juga percaya bawa Big Bang membentuk sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big Bang yaitu pada masa lampau alam semesta punya suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.
Pada tahun 1929 Astronom Amerika Serikat, Edwin Hubble melakukan observasi dan melihat Galaksi yang jauh dan bergerak selalu menjauhi kita dengan kecepatan yang tinggi. Ia juga melihat jarak antara Galaksi-galaksi bertambah setiap saat. Penemuan Hubble ini menunjukkan bahwa Alam Semesta kita tidaklah statis seperti yang dipercaya sejak lama, namun bergerak mengembang. Kemudian ini menimbulkan suatu perkiraan bahwa Alam Semesta bermula dari pengembangan di masa lampau yang dinamakan Dentuman Besar.
Pada saat itu dimana Alam Semesta memiliki ukuran nyaris nol, dan berada pada kerapatan dan panas tak terhingga; kemudian meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, yang tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut, atau terlalu cepat sehingga membuatnya menjadi kurang lebih kosong. Dan sesudah itu, kurang lebih jutaan tahun berikutnya, Alam Semesta akan terus mengembang tanpa kejadian-kejadian lain apapun. Alam Semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin.

Alam Semesta berkembang, dengan laju 5%-10% per seribu juta tahun. Alam Semesta akan mengembang terus,namun dengan kelajuan yang semakin kecil,dan semakin kecil, meskipun tidak benar-benar mencapai nol. Walaupun andaikata Alam Semesta berkontraksi, ini tidak akan terjadi setidaknya untuk beberapa milyar tahun lagi.

Komentar
  1. Firdha Nurul Alfiyyah mengatakan:

    Terimakasih ya,postingan ini sangat bermanfaat sekali.karena saya ingin tahu sekali apa arti dr kata “Big Bang” !!

  2. anindita mengatakan:

    Untuk kalimat terakhir, alam kelajuan alam semesta bukan semakin mengecil. Edwin Hubble menyatakan kalau kelajuan alam semesta mengalami akselerasi. Itu sebabnya ilmuwan memprediksi alam semesta akan berakhir pada kondisi big rip atau big freeze dimana gravitasi sudah tidak dapat lagi menahan partikel. Dan partikel yang tanpa masa sekalipun, misal photon juga akan lenyap.

  3. Drs Abdul Djabbar mengatakan:

    Sudah sekian banyak keterangan tentang bigbang, tetapi kali ini saya akan coba memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi sebelum dan sesudah bigbang berdasarkan keterangan al Qur an surat 11:07, Dia yang menciptakan ASAL-USUL langit dan bumi dalam 6 fase, dan adalah ARASY Nya sebelum itu diatas AIR…….Fase ke I ditengah kekosongan/facum lahirlah 3 elemen dan 3 energi alami untuk menjadi ROTQ (21:30), Fase ke II ROTQ menjadi FATQ (21:30) bigbang, Fase ke III alam/kosmos menjadi MERAH-MAWAR (55:37), Fase ke IV masa INFLASI, Fase ke V Alam diliputi DUKHON (25:25, 41:11. 44:10-11) Fase ke VI material Alam (BUMI-LANGIT-ISI) siap di PERMANENKAN dalam 6 hari kata Ahli Tafsir/Ulama (baca 6 ayat sittah yang lain).
    Pembangunan tata ruang alam adalah AHAD, bumi disirami air sampai tenggelam dalam laut, hari SENIN bumi muncul 29% dipermukaan laut, hari SELASA bumi dibelah menjadi LAURASIA-GONDWANA, berbarengan dengan DUKHON dipisah antar lapis, hari RABU bumi dipecah menjadi BENUA-PULAU-LAUTAN lalu di PAKU dengan para METEOR, berbarengan dengan pembangunan 7 langit dan tertib hukum benda-benda langit kedalam hubuk-falak-thoriq dan seterusnya………….Penasaran apa yang terjadi pada hari KHAMIS dan JUM’AT……..? Ana tunggu dulu komentar anda yang banyak-banyak baru akan saya jelaskan sampai tuntas…….hehe……

  4. aris luthfi mengatakan:

    sangat membantu para siswa dalam mencari pembelajaran yng unik dalam mengembngkan potensi yang ada

  5. ikran mengatakan:

    sya msi kuran mengerti coba bapak jelaskan sedeltail mungkin jangan lua hari kamis dan jum,
    at

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s