BEKAL YANG HARUS DIMILIKI SESEORANG UNTUK MENJADI GURU YANG BAIK

Dikutip dari buku “Bagaimana Menjadi Guru Supermodel” karya Iqbal N.Az. Penerbit: Karya Pelajar Surabaya

Iqbal Nurul Azhar

Guru ketika berada di dalam kelas diibiratkan sebagai seorang pedagang yang sedang menjual barang dagangannya. Calon pembelinya adalah siswa-siswinya. Barang dagangannya adalah ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Layaknya seorang pedagang yang akan melakukan promosi apa saja untuk membuat dagangannya laku terjual, gurupun juga demikian. Guru akan melakukan apa saja untuk membuat para siswa-siswinya tertarik pada materi yang diajarkan.

Tanda bahwa barang dagangan guru tersebut laku keras dapat dilihat dari hasil review akhir yang biasanya diletakkan di akhir mata pelajaran. Pada proses review ini, guru biasanya akan menanyakan kembali materi yang telah disampaikan dan memastikan bahwa semua materi telah disampaikan dan dipahami siswa-siswinya.

Ketika dalam proses review tersebut seluruh siswa dapat menjawab pertanyaan dengan sempurna, maka secara tidak langsung hal itu telah menunjukkan bahwa guru tersebut telah sukses berdagang, dan barang dagangannya yaitu ilmunya telah laku terjual. Namun jika masih ada beberapa atau bahkan hampir seluruh siswa ada yang belum paham materi yang disampaikan, makan hal ini secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa guru tersebut kurang berhasil dalam berdagang.

Dan bila hal ini terjadi, yang harus dia lakukan adalah mengevaluasi kembali cara berdagangnya, yaitu dengan menyakan banyak hal pada dirinya sendiri. Pertanyaanan yang biasa diajukan dalam proses intorpeksi diri ini biasanya berkutat pada empat hal, yaitu adalah apakah calon pembelinya punya cukup uang untuk membeli barang dagangan atau tidak, atau dengan kata lain apakah harga barang dagangannya terlalu mahal atau tidak, yang kedua yaitu apakah dagangannya telah dikemas dalam wadah yang menarik atau tidak, yang ketiga apakah barang dagangannya telah bervariasi atau monoton, dan yang terakhir adalah apakah barang dagangannya sudah cukup berkualitas ataukah tidak.

Pertanyaan pertama tentang kemampuan pembeli yang disebutkan diatas sebenarnya dimaksudkan untuk menanyakan apakah kemampuan siswa-siswi guru tersebut telah cukup untuk menangkap isi materi ataukah tidak. Yang dimaksudkan dengan harga mahal disini adalah materi yang diajarkan apakah terlalu rumit ataukah terlalu tinggi bagi siswa-siswinya ataukah tidak. Masalah yang dijumpai tentang kesulitan yang berhubngan dengan daya tangkap siswa terhadap mata pelajaran ini biasanya terjadi di sekolah-sekolah yang berada di daerah, atau sekolah swasta dengan fasilitas yang minim. Banyak guru terlalu berharap tinggi bahwa siswa mereka akan mampu menyerap semua materi, padahal input sekolah tersebut tidak terlalu bagus, artinya siswa yang masuk ke sekolah tersebut kemampuan belajarnya masih jauh di bawah standar, andai guru menjumpai masalah seperti ini, maka yang bisa guru lakukan adalah menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Penyesuaian diri ini banyak sekali caranya, yang pertama guru bisa menurunkan Standard Kompetensi yang hendak di capai sehingga anak-anak menjadi lebih mudah menangkap pelajaran karena tingkat kesulitan materi tersebut menurun, akan tetapi cara ini tidak dianjurkan. Yang kedua adalah dengan tetap menggunakan Standard Kompetensi normal namun jumlah tatap mukanya ditambah. Penambahan jumlah tatap muka ini dilakukan untuk mengatasi siswa-siswi yang slow learner, yaitu dengan mengulang lagi materi dalam bentuk remidial teaching atau dengan memperbanyak latihan. Yang ketiga guru tetap mengajar seperti biasa, namun materi yang diajarkan harus disampaikan se-smart dan sesimpel mungkin sehingga siswa yang memiliki masalah belajar ini mampu mengingat materi dengan cepat. Cara yang ketiga inilah yang terberat dilakukan guru karena guru harus dapat merencanakan kegiatan pembelajaran seefektif mungkin. Guru daiharuskan pula menjadi inventor ide-ide probling solving yang berhubungan dengan mata pelajaran siswa

Kemasan barang dagangan yang dimaksud pada pertanyaan kedua disini adalah kemasan materi yang disampaikan, apakah cara dia menyampaikan materi telah dapat membuat siswa-siswinya antusias untuk mendengarkan, seberapa sering dia melemparkan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi, seberapa sering dia melontarkan joke-joke segar namun mendidik, Apabila kekurangannya terletak disini, maka guru tersebut tersebut wajib memberikan catatan dan mencarikan solusinya. Solusi yang ditemukan biasanya berupa metode mengajar simpel namun mudah diingat. Metode ini apabila dipatentan dan dijual maka harganya akan menjadi tak ternilai.

Yang dimaksud variasi barang dagangan pada pertanyaan ke tiga adalah variasi materi yang disampaikan. Artinya seorang guru harus pandai memberikan variasi di dalam kelas. Variasi ini dapat dilakukan dengan mengubah suasana belajar siswa di kelas setiap minggu, atau setiap hari atau setiap durasi waktu tertentu yang kesemuanya bergantung pada guru pengajar. Contoh dari variasi ini adalah penentuan berapa lama materi itu disampaikan, apakah disampaikan dalam satu kali tatap muka, ataukan dua kali, apakah disampaikan dalam model ceramah ataukah kerja kelompok, dan apakah tatanan meja, kursi di kelas di rubah ataukah tidak. Guru yang baik selalu paham akan hal ini, sehingga ketika dia masuk ke dalam kelas, siswa tidak akan mudah untuk menebak apa yang akan mereka kerjakan pada setiap pertemuan karena guru tersebut selalu membawa kejutan-kejutan yang berupa kegiatan belajar yang berbeda.

Sedang inti dari pertanyaan terakhir adalah guru harus dapat mengecek materi yang telah disampaikan kepada siswanya. Apakah materi tersebut sesuai dengan kurikulum, apakah tidak ada kesalahan konsep ketika materi itu disampaikan, dan apakah mutu materi yang disampaikan selevel dengan mutu materi yang disampaikan di sekolah lain. Hal seperti ini tidak mungkin dapat dilakukan oleh seorang guru yang hanya asal mengajar saja. Butuh kelegawaan untuk menyadari bahwa tugas guru bukan hanya menyampaikan saja, namun juga harus mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah disampaikannya.

Seperti pedagang yang memiliki kebutuhan untuk kulakan ketika barang dagangannya habis, seorang gurupun dituntut demikian. Seorang pedagang tidak akan mungkin berjualan jika tidak ada barang yang akan dijual. Ketika kehabisan stok barang dagangan, pedagang tersebut akan kulakan ke distributor atau ke toko grosir. Baru setelah pedagang itu kulakan, ia akan dapat berjualan lagi. Demikian juga seorang guru. Ia tidak akan dapat mengajar dengan baik jika ia hanya mengandalkan pengetahuan yang diterima dari kuliah S1nya saja. Padahal jaman telah berubah. Siswa jaman sekarang lebih hebat dan maju dari siswa jaman dahulu. Jika guru hanya mengandalkan ilmu yang ia dapat di bangku kuliah saja, ia akan disalip siswa-siswinya. Untuk mengatasi ini, guru harus kulakan ilmu baru. Kulakan ini dapat dilakukan dengan membeli buku-buku baru untuk dibaca sampai tuntas. Hal ini sangat baik dilakukan untuk mengetahui perkembangan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan bidangnya. Ia juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru seperti seminar dan workshop. Dikusi dengan rekan seprofesi, dengan rekan senior atau dengan pakar sangat membantu proses kulakan ilmu ini. Cara kulakan ilmu yang terakhir dan paling efektif dengan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Secara umum, ada tiga bekal yang harus dimiliki seseorang untuk dapat menjadi seorang guru yang baik. Tiga hal ini apabila dimiliki seseorang yang bermaksud untuk menjadi seorang guru akan mengantarkan orang ini mendapatkan kesuksesan dalam proses pengajarannya. Tiga bekal yang dimaksud di sini adalah: (1) kompetensi yang cukup (2) kreatifitas yang memadai sehingga gaya mengajarnya guru tersebut bervariasi, dan (3) memiliki sifat ikhlas dan mau mendoakan kesuksesan pada anak didiknya.

Seorang guru tidaklah harus seseorang yang cerdas, brillian, dan mampu menguasai seluk beluk keilmuannya sampai detail. Untuk menjadi guru bahasa Inggris seseorang tidak harus mengetahui segala kosakata yang ada di kamus Oxford, atau juga bagian-bagian perhalaman yang ada di buku grammarnya Betty S. Azar. Demikian juga guru biologi. Dia tidak harus mengetahui semua nama latin tumbuhan yang ada di dunia. Andaikata ada orang yang dapat melakukan ini, ini adalah nilai lebih yang wajib disyukuri. Namun secara umum, menjadi guru tidaklah butuh hal yang terlalu menakjubkan seperti yang telah disebutkan. Syarat tersebut cukuplah mudah. Ia harus memiliki kompetensi yang cukup yang berhubungan dengan keilmuannya dan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Andaikata seseorang telah paham inti darikeilmuannya dan mampu menerapkan inti keilmuan tersebut untuk memecahkan banyak sekali soal yang berhubungan denga keilmuannya, maka inipun sudah cukup. Apalagi juga orang tersebut juga paham dasar-dasar pendidikan, yaitu tentang perangkat pengajaran seperti kurikulum, slabus dan rencana pengajaran, ataupun tentang metode pembelajaran seperti CTL, Cooperative Learning hingga Quantum, maka semua itu  sangat menunjang.

Seorang guru juga harus memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi, karena jiwa kreatifitas disini akan mendorong dia untuk menemukan berbagai model pembelajaran baru yang cocok diterapkan di kelasnya. Dari jiwa ini ia akan mampu menemukan berbagai macam problem solving yang berhubungan dengan permasalahan siswa ketika berada di kelas, di sekolah, maupun di luar sekolah.  Kreatifitas ini akan membuat guru mampu menemukan cara mengajar yang baik, cara membuka kelas yang elegan, cara membuat dan melakukan assesmen yang praktis, cara memberikan tugas yang cantik namun tidak memberatkan, cara memimpin diskusi di kelas dan membuat anak-anak aktif menyampaikan ide mereka, cara memberikan reinforcemen pada anak, cara memberikan hukuman yang bijak dan banyak lagi lainnya. Kreatifitas yang dimiliki seorang guru akan membuat dia menjadi terlihat beda diantara guru yang lain, dan inilah yang akan membuat siswa selalu rindu untuk berjumpa dengan mata pelajarannya

Yang terakhir dari bekal yang harus dimiliki seorang guru adalah sifat ikhlas. Sifat ikhlas inilah yang jarang dimiliki guru dewasa ini. Ketika paham kapitalisme laku keras, maka dunia pendidikan terkena imbasnya. Demikian juga guru. Banyak sekali jiwa guru mulai terpengaruh paham ini sehinga niat mereka mengajar menjadi tidak tulus. Banyak diantara mereka merasa apa yang mereka sampaikan tidaklah setimpal dengan gaji yang mereka terima, sehingga akibatnya ketika mereka berada di kelas mereka tidak allout. Kadang mereka menyampaikan materi tapi tidak dengan sepenuhnya. Tujuannya adalah agar sebagian dari materi ini dapat mereka sampaikan di les. Dengan memberikan les, mereka dapat tambahan penghasilan. Perubahan paradigma ini jelas meresahkan. Dengan adanya perubahan ini, kualitas pembelajaran menjadi berkurang. Semangat dan motivasi kelas juga melemah. Dan ini semua terjadi karena guru melupakan aspek yang sangat penting dalam hidup mereka yaitu aspek ikhlas. Andaikata guru ikhlas mengajar, maka keikhlasan ini akan memberikan semangat yang tanpa batas pada guru untuk berusaha keras membuat anak didik mereka paham akan materi yang disampaikan. Semangat keikhlasan ini akan mampu meluluhkan hati dan jiwa keras anak didik mereka. Apalagi jika ditambah dengan kemauan guru untuk mendoakan anak didik mereka untuk sukses, maka aspek spiritual ini menjadi penyempurna kelebihan guru. Guru akan terlihat bercahaya dan berwibawa.

  51 comments for “BEKAL YANG HARUS DIMILIKI SESEORANG UNTUK MENJADI GURU YANG BAIK

  1. andi
    Februari 3, 2012 pukul 11:45 am

    good

  2. difa
    Maret 10, 2012 pukul 1:37 pm

    exactly….!!!

  3. syafira
    Mei 3, 2012 pukul 7:17 am

    bisa secara detail lg ngga ??

  4. ria
    Mei 3, 2012 pukul 11:50 am

    bagus !

  5. abid
    Juli 10, 2012 pukul 9:00 am

    smGa AKu BiSA….amin

  6. Juli 21, 2012 pukul 1:48 pm

    Saya suka sekali tulisan ini…dan saya tunggu karya beriktnya.

  7. pitha
    September 5, 2012 pukul 4:09 am

    simple dan sngatt bermanfaatt ,,

    termotivasi ingin menjadi seorang guru *_*

  8. dany
    Oktober 7, 2012 pukul 11:46 am

    sangat memberi motivasi bagi seorang insan pendidik….

  9. darmo
    Oktober 8, 2012 pukul 1:31 am

    seorang guru tidak hanya mengajar tapi juga mendidik, tanpa niat yang ikhlas sulit untuk mewujudkan tujuan mulia itu. Semoga kita bisa, amin

  10. anna
    Oktober 12, 2012 pukul 9:35 am

    mantap

  11. Desember 25, 2012 pukul 9:31 am

    nah, ngomongin soal peran guru untuk pendidikan saya nemuin nih situs yang bisa dipakai oleh guru,siswa dan orang tua, nanti guru bisa mengevaluasi belajar siswanya lewat situs ini http://id.gameforsmart.com/

    nah sekalian mau informasikan kalau di situs http://id.gameforsmart.com/ ini diadakan lomba cerdas cermat online se-jawa timur ke-2,untuk jenjang SD dan SMP. cepetan ikut, terakhir Februari 2013 lo.

  12. lyli
    Maret 23, 2013 pukul 4:41 am

    trimakasih

  13. fitri ramadani fitri
    April 11, 2013 pukul 2:57 am

    terima kasih ea informasinya

  14. LBB Einstein
    April 22, 2013 pukul 12:34 pm

    Mantaf .. !

  15. Juni 1, 2013 pukul 8:03 am

    amiiin,. tugas mulia dengan niat yg ikhlas dan tulus..

  16. MAHENDRA PAMUNGKAS
    Juni 10, 2013 pukul 4:47 am

    LUar biasa , moga saya termasuk guru yang ikhlas,amin

  17. Juni 18, 2013 pukul 6:16 am

    pusing lah…bacaannya panjang bgt

  18. Sugiatna
    Juli 16, 2013 pukul 11:38 pm

    Bagaimana ya? Sulit sekali untuk bersikap ikhlas karena dunia itu terlalu semena-mena terhadap kami, guru honorer.

  19. Agustus 24, 2013 pukul 2:54 pm

    woooowww kereen:D lumayan buat bekal ngajar besok

  20. sri elfiza
    Agustus 26, 2013 pukul 3:50 pm

    amin….semoga saya bisa menjadi salah satu guru yg ikhlas

  21. September 8, 2013 pukul 5:49 am

    sangat berguna untuk saya yang masih pemula. :”)

  22. sdnbukitmulia1.kintap@gmail.com
    September 17, 2013 pukul 3:55 pm

    Mantap sekali untuk guru-guru pemula

  23. siti nurkhairiah
    Oktober 1, 2013 pukul 1:23 pm

    sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula. ^_^

  24. Oktober 18, 2013 pukul 7:08 am

    improvisasi apa ygharus dilakukan guru agar dagangan bisa semenarik mungkin?

  25. Oktober 30, 2013 pukul 6:26 am

    LIKE THIS

  26. A. Baehaki
    Januari 8, 2014 pukul 2:09 pm

    sebelumnya makasih izin copy 🙂

  27. Februari 18, 2014 pukul 12:56 am

    motivasi.. saya pengen menjadi guru,penuh kasih syg,n berkompetensi.. di perbanyak ya kiriman nya..,agar di jadikan motivasi.

  28. jeanny muliasari
    Februari 25, 2014 pukul 3:04 am

    Alhamdulillah. Dan sungguh sangat bermanfaat….. Mhn ijin utk share.. Trimaksih

  29. Cristina
    Maret 15, 2014 pukul 6:05 am

    Info ini sngt brarti bagiku untuk menjadi seorang guru yg masih memulai
    Thankz ea,..

  30. Mei 15, 2014 pukul 4:39 am

    artikel yang bermanfaat,, memang peran guru SD sangatlah penting untuk penanaman awal karakter pada anak didik

  31. Juni 11, 2014 pukul 2:34 am

    trim’s, sy akan mencobanya. Tumberkat.

  32. irwan
    September 13, 2014 pukul 3:08 am

    naik kan gji guru swasta / GTT

  33. September 17, 2014 pukul 8:59 am

    terimakasih atas postingannya sangat bermanfaat buat saya..
    dan menambah ilmu juga..
    terimakasih 😉

  34. Megawati
    November 26, 2014 pukul 1:31 pm

    Terimakasi atas informasinya

  35. Desember 14, 2014 pukul 12:09 am

    mohon ijin copas ya akhi,semoga bermanfaat

  36. Desember 23, 2014 pukul 2:43 pm

    kata”nya indah skli… sya senang skli dg tulisanya

  37. ilmi amalia
    Januari 4, 2015 pukul 10:07 am

    terimakasih 🙂

  38. Ahmad Nawawi
    Maret 10, 2015 pukul 8:41 am

    bermanfa’at sekali, untukku,,,,, ^_^

  39. roni sugiarto
    Mei 27, 2015 pukul 1:56 am

    terimakasih tulisan nya memotivasi saya untuk menjadi seorang pengajar atau guru yg baik dan berkarakter untuk anak anak bangsa…aamiin

  40. m choirul huda
    November 19, 2015 pukul 10:38 pm

    goooood…dan yang paling penting jadi guru itu digugu kata2nya dan bisa ditiru kelakuannya dimana pun ia berada. bukan hanya dikelas atau hanya lipstik sja..na’udzubillaah…

  41. Januari 30, 2016 pukul 8:19 pm

    mantappppp sarannya !!! bapak seorang guru ya ??

  42. September 25, 2016 pukul 9:25 am

    Menarik sekali wacana bapak. Saya ingin menjadi guru karena saya menyukai dunia pendidikan bukan hanya itu namun saya senang membagi ilmu kepada adik saya sewaktu usia TK hingga saat ini sd kelas 1 SD.
    Namun kemampuan saya belum dirasa cukup untuk menjadi seorang guru atau dosen.
    Saya ingin meminta kontak bapak
    Jika bapak tidak keberatan.
    Saya ingin bertanya perihal profesi menjadi guru
    Terima kasih

  43. fitriyanti
    April 20, 2017 pukul 5:20 am

    Aku jadi terinsfirasi untuk jadi guru

  44. Juni 30, 2017 pukul 6:18 am

    Cara menjelaskanya sangat rinci, berita yg di informasikan sangat jelas,dan dapat memberikan montifasi oleh orang yg membacanya.

  45. Mei 22, 2020 pukul 3:07 pm

    oh jadi guru harus pandai beri variasi yah

  46. Mei 22, 2020 pukul 3:19 pm

    jadi kita harus tahu inti dari apa yang diajarkan

  47. Sutrisman
    Agustus 27, 2021 pukul 6:32 am

    Semoga istikomah dan lebih baik lagi aamiin..

  48. November 3, 2021 pukul 4:50 pm

    Kuncinya Ikhlas adalah segalanya, Terimakasih penulis ini sangat membuka wawasan kita & motivation…

Tinggalkan Balasan ke fitriyanti Batalkan balasan